BRI Peduli Bantuan Sertifikasi Halal UMKM

by -17 Views
BRI Peduli Bantuan Sertifikasi Halal UMKM

BRI mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk bersaing di pasar dan naik kelas melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dikelola oleh BRI Peduli. Program ini menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan sertifikasi halal bagi pelaku UMKM di Indonesia. Sebanyak 77 pelaku UMKM dari 14 provinsi telah menerima bantuan pelatihan dan pendampingan sertifikasi halal dari BRI Peduli, dengan 1502 produk atau menu yang telah berhasil mendapatkan sertifikat halal.

Kerjasama antara BRI, BRI Research Institute, dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI dilakukan dalam proses pelaksanaan program ini. Setelah menjalani kelas bimbingan teknis sertifikasi halal pada bulan Juli 2024, para peserta mengikuti audit sertifikasi halal secara on site untuk mendapatkan sertifikat halal.

Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto, menyatakan komitmennya untuk terus membantu pelaku UMKM agar dapat bersaing di pasar melalui pelatihan dan sertifikasi halal. Program ini juga sejalan dengan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang mewajibkan setiap pelaku usaha di Indonesia memiliki sertifikasi halal.

Petrus Kinho dari UMKM Tarusan Rumah Rendang dan Minyak Buah Merah di Timika, Papua Tengah, adalah salah satu pelaku yang mendapat manfaat dari program ini. Sertifikasi halal telah membantu usahanya untuk berkembang dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Begitu pun dengan Vanessa, pemilik UMKM Indonesian Artisan Tea bernama Senda Tea dari Tangerang, Banten, yang berhasil meningkatkan penetrasi pasar dan kualitas produknya berkat sertifikasi halal.

Program bantuan sertifikasi halal dari BRI telah diikuti oleh ratusan pelaku UMKM sejak tahun 2021 dan diarahkan untuk mendukung target Kementerian BUMN dalam memberikan 5.000 sertifikasi halal di sektor makanan dan kesehatan. Dengan adanya sertifikasi halal, pelaku UMKM diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk lokal.