Business Matching Global UMKM & Buyer: Peluang Menjanjikan

by -20 Views

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan dalam mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui business matching. Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari pameran BRI UMKM EXPO(RT) 2025 yang diselenggarakan oleh BRI pada tanggal 30 Januari hingga 2 Februari di ICE BSD City, Tangerang. Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), Sunarso, menyatakan bahwa sepanjang tahun 2025, BRI dan Kementerian Perdagangan akan menyelenggarakan business matching dua kali setiap bulan.

Sunarso menambahkan bahwa hingga saat ini, terdapat 506 register buyer dari 34 negara yang bergabung bersama 166 peserta UMKM yang telah mengikuti 270 kali business matching. Target dari business matching tahun ini adalah potensi deal senilai US$ 89 juta dengan total deal ekspor diperkirakan mencapai lebih dari US$ 90,6 juta. Selain itu, ada target transaksi lebih dari Rp 1,5 triliun yang diharapkan tercapai hingga akhir tahun 2025. Sunarso mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung acara ini, termasuk pelaku UMKM, pembeli, mitra bisnis, serta kementerian dan lembaga terkait.

Pada acara tersebut, BRI mengusung tema “Broadening MSME’s Global Outreach,” sebagai bentuk komitmen untuk membuka akses yang lebih luas bagi UMKM ke pasar global. Sunarso menyatakan bahwa BRI UMKM EXPO(RT) 2025 dapat dianggap sukses dengan pencapaian yang melebihi target, mengingat jumlah pengunjung yang hadir dari dalam dan luar negeri mencapai ribuan orang. Selama 3 hari pertama, acara ini dihadiri oleh 51.700 pengunjung dan total mencapai lebih dari 63.000 pengunjung dengan penutupan acara pada hari keempat.