Setiap bisnis memiliki kisah perjalanan yang menarik. Mulai dari memulai bisnis dari nol, menghadapi berbagai tantangan, hingga meraih impian untuk dikenal secara luas. Hal ini juga dialami oleh Tioria by Caramia, merek produk fashion lokal yang terus berusaha mengembangkan bisnisnya melalui program BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.
Produk unggulan Tioria adalah Syal dengan berbagai gambar dan pola yang menekankan orisinalitas atau motif asli Indonesia. Selain syal, Tioria juga menghasilkan produk asesoris lainnya seperti topi, pouch, masker, kabaya, dan outer dengan beragam motif yang colourful dan mengangkat tema unik dari berbagai cerita daerah di Indonesia.
Caramia Sitompul, pendiri Tioria, memiliki latar belakang pendidikan di bidang art and design di University of Michigan (UM), Amerika Serikat. Dia juga melanjutkan pendidikan di bidang fashion designer di New York, AS. Pengalaman kolaborasinya dengan merek fesyen global ternama turut membantu mengembangkan Tioria.
Kecintaannya terhadap seni dan budaya Indonesia mendorongnya untuk kembali ke Indonesia dan merintis Tioria. Kini, Tioria telah menghasilkan 200 jenis produk fesyen dan aksesoris dengan tema budaya Indonesia.
Program BRILIANPRENEUR diharapkan dapat mendukung cita-cita Tioria untuk go global. Tioria telah melakukan persiapan matang untuk menyambut program BRILianpreneur 2023. Orisinalitas yang dimiliki Tioria menjadi alasan utama brand lokal ini bisa mengikuti BRILIANPRENEUR.
Dengan program ini, pelaku UMKM dapat terhubung dengan calon pembeli dari pasar global, sehingga dapat meningkatkan daya saing produk UMKM nasional di tingkat global. BRI berharap program ini dapat memperkenalkan keunikan UMKM dan produk nasabah binaannya yang memiliki daya saing tinggi di tingkat global.