Perusahaan Indonesia Pertama yang Membuat Aplikasi AI untuk Industri Kuliner

by -93 Views
Perusahaan Indonesia Pertama yang Membuat Aplikasi AI untuk Industri Kuliner

Jakarta, CNBC Indonesia – Perusahaan teknologi Indonesia, PT Esensi Solusi Buana (ESB) telah menciptakan sistem POS (Point of Sales) dan ERP (Enterprise Resources Planning) yang didukung oleh teknologi AI (Artificial Intelligence).

AI dalam sistem POS dan ERP ESB dapat memberikan rekomendasi stok menu secara otomatis dengan mengetahui menu-menu terlaris dan tidak terlaris. Dalam ESB Order, AI memberikan personalisasi menu sesuai dengan preferensi pelanggan. Sedangkan dalam ESB Loop, AI membantu mengenali pelanggan lebih baik melalui pengumpulan data dan kebiasaan pelanggan.

Sebagai spesialis di industri F&B, ESB berinovasi dengan menyajikan solusi terbaru untuk membantu pengusaha kuliner meningkatkan profit secara otomatis. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pekerjaan pemilik bisnis dan mengurangi pengeluaran karena tidak perlu menggunakan jasa analis data, akuntan, auditor, atau konsultan bisnis. Para pengusaha dapat melakukan penghematan ratusan juta hingga miliaran rupiah setiap tahun.

OLIN, Asisten AI yang Mampu Meningkatkan Penjualan dengan Akurasi 90%. OLIN bertindak sebagai asisten AI yang memberikan rekomendasi praktis bagi pengusaha F&B, baik skala UMKM maupun enterprise.

Gunawan, CEO dan Co-Founder ESB, mengatakan, “Dengan perkembangan digital, pengusaha F&B menghadapi berbagai tantangan dalam mengelola bisnis dan meningkatkan penjualan. OLIN dapat membantu dengan memprediksi potensi penjualan, mengidentifikasi promosi yang efektif, merekomendasikan menu kombinasi, mencegah fraud, dan memeriksa kesehatan bisnis.”

Empat fitur utama OLIN antara lain, keamanan dan kerahasiaan data terjamin karena data diproses di server ESB. Selain itu, proses data akurat dilakukan setiap hari dan menyajikan laporan yang lengkap. OLIN juga mengolah data transaksi harian secara realtime sehingga rekomendasi spesifik dan telah diuji selama dua tahun di beberapa merchant ESB. Terakhir, memiliki user experience yang sederhana sehingga data terolah otomatis dan rekomendasi praktis disajikan.

Chief Marketing Officer ESB, Fitriana Dyah, menyebutkan, “OLIN diharapkan dapat membantu pengusaha F&B mencapai omzet yang lebih tinggi. Kami menargetkan setidaknya 80% pengguna ESB saat ini dapat menggunakan OLIN sebagai asisten bisnis mereka.”

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Minyak Telon Ini Makin Harum Lewat UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR

(ayh/ayh)