Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk naik kelas dan menembus pasar global. Komitmen ini ditegaskan melalui keikutsertaan tujuh UMKM binaan Telkom dalam ajang Trade Expo Indonesia 2025 pada 15-19 Oktober 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. Tujuh UMKM binaan Telkom yang terlibat adalah BAKERZMIX, MADEBYDE, Mbrebes Mili Food, Dapoer Aul, Banamia Chips, Batik Bedjo, dan CV. Mayasari Jaya Mandiri. Keikutsertaan mereka adalah bukti nyata dari komitmen Telkom dalam memberdayakan pelaku usaha lokal agar mampu bersaing di kancah internasional.
Telkom berharap UMKM binaan dapat memperluas jejaring bisnis, menjalin kemitraan dengan calon pembeli dari luar negeri, serta membuka peluang ekspor produk unggulan Indonesia ke berbagai negara melalui partisipasi dalam Trade Expo Indonesia. Trade Expo Indonesia (TEI) adalah pameran dagang terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Tahun ini, TEI mengusung tema “Global Partnerships for Sustainable Growth”, menekankan pentingnya kolaborasi global dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.
Senior General Manager Social Responsibility Telkom Hery Susanto mengatakan, partisipasi UMKM binaan Telkom di TEI 2025 merupakan bagian penting dari ekosistem pembinaan UMKM Telkom yang berfokus pada empat tahapan, yaitu Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global. Keikutsertaan ini adalah langkah dalam memperkuat ekosistem ekonomi digital yang inklusif, mendorong pelaku usaha untuk naik kelas dan mampu bersaing di pasar internasional.
Dari tujuh UMKM binaan yang tampil di Trade Expo Indonesia 2025, lima di antaranya berhasil melakukan business matching dengan pembeli dari berbagai negara, seperti China, Arab Saudi, Jordania, Filipina, Vietnam, Pakistan, Belanda, Malaysia, Kanada, Nigeria, dan India. Capaian ini menjadi bukti bahwa produk lokal Indonesia semakin diakui karena kualitas, kreativitas, dan nilai budayanya yang khas. Lebih dari itu, dua UMKM binaan Telkom berhasil langsung melakukan dealing pada ajang tersebut.
Melalui dukungan pada ajang TEI 2025, Telkom menegaskan komitmennya terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Inisiatif tersebut turut memperkuat pilar Creating Shared Value (CSV) Telkom, di mana pemberdayaan UMKM bukan hanya menjadi bagian dari strategi keberlanjutan perusahaan, tetapi juga wujud nyata kontribusi Telkom dalam menciptakan nilai sosial dan ekonomi yang berjalan beriringan.




